Laporan Neraca: Definisi dan Komponen

Laporan Neraca: Definisi dan Komponen

Laporan Neraca (Balance Sheet): Definisi dan Komponen – Berikut adalah definisi dan komponen Laporan Neraca:

Definisi Laporan Neraca (Balance Sheet) 

Laporan posisi keuangan/neraca melaporkan aset, liabilitas dan ekuitas pada tanggal tertentu. Dokumen ini mengurutkan aset pada urutan atas, yang diikuti oleh ekuitas kemudian liabilitas. Total aset harus sama dengan total ekuitas dan liabilitas.

Softbyte Inc
Laporan Posisi Keuangan
Untuk Bulan yang Berakhir pada 30 September 2014
Aset
Peralatan7000
Perlengkapan1600
Piutang usaha1400
Kas8050
Total Aset18050
Ekuitas dan Liabilitas
Ekuitas
Modal saham-saham biasa15000
Saldo laba1450
Liabilitas
Utang usaha1600
Total Ekuitas dan Liabilitas18050

 

Komponen-Komponen Laporan Neraca (Balance Sheet)

Setelah membahas pengertian neraca, kali ini kita akan membahas komponen-komponen wajib di dalam sebuah laporan neraca, yakni sebagai berikut:

Aktiva

Komponen pertama neraca keuangan adalah aktiva, istilah akuntansi dari “aset”. Di dalam laporan neraca, aktiva dibagi menjadi dua, yaitu aktiva lancar dan aktiva tidak lancar. Aktiva lancar adalah aset mudah dicairkan atau dialihkan bentuknya, misalnya uang kas, surat berharga, piutang, stok, dan biaya DP.Sementara itu, aktiva tidak lancar adalah aktiva sulit atau tidak dapat dicairkan, misalnya tanah, gedung, mesin, hak cipta, paten, dan brand.

Liabilitas
Komponen berikutnya laporan neraca adalah liabilitas, atau disebut juga dengan “kewajiban”. Ada dua jenis liabilitas dalam laporan neraca, yaitu liabilitas jangka pendek (hutang lancar) dan liabilitas jangka panjang (hutang tidak lancar).

Hutang lancar adalah hutang atau tagihan yang periode pelunasannya di bawah satu tahun, mislanya tagihan listrik, biaya perawatan mesin rutin, pajak, dan gaji karyawan. Sebaliknya, hutang tidak lancar adalah hutang atau tagihan yang pembayarannya setelah satu tahun ke atas, misalnya pinjaman jangka panjang, dana pensiun, dan sebagainya.

Ekuitas
Komponen terakhir laporan neraca adalah ekuitas, atau bahasa lainnya “modal”. Seperti namanya, modal adalah sejumlah kekayaan yang dimiliki perusahaan, baik dari pemilik maupun investor. Ekuitas dapat terbagi menjadi dua jenis, yaitu saham disetor dan laba ditahan.

Pembuatan Laporan Neraca Lebih Mudah dengan Software IPOS

Untuk mendukung para pengusaha membuat laporan neraca yang akurat dan fleksibel, Software IPOS memiliki fitur Laporan Neraca yang dapat menyediakan Laporan dengan cepat, mudah dan akurat. Software IPOS adalah Software Point of Sales yang sudah terintegrasi dengan Software Akuntansi.

Foto-Produk-IPOS

Fitur Program IPOS sangat lengkap yaitu terdiri dari: laporan keuangan lengkap, master data, penjualan, pembelian, perakitan, persediaan, dan lain sebagainya. Tunggu apalagi? Yuk, gunakan Program IPOS untuk mengelola akuntansi bisnis Anda.

Coba gratis Software IPOS disini.

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Trigonal Software sebagai salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

    OFFICE

    JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat 17116

    © 2024 Trigonal Software. All Rights Reserved.